MENGOLAH MAKANAN DARI BAHAN NABATI DAN HEWANI MENJADI MAKANAN INTERNASIONAL

Posted by nurhayati021089 Senin, 11 April 2022 0 komentar

 PERENCANAAN USAHA MAKANAN INTERNASIONAL

            Selama hidupnya, manusia selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan pokoknya yaitu : sandang, pangan, dan papan. Dalam upaya untuk memenuhi kebutuhannya akan makanan, manusia mengerahkan kemampuannya untuk memanfaatkan bahan makanan.

Pizza 


Baik itu nabati maupun hewani dari lingkungan sekitarnya menjadi berbagai jenis masakan dengan cita rasa tinggi. Tuhan telah menciptakan manusia dari berbagai bangsa sehingga muncullah berbagai jenis masakan.

Pada awalnya berbagai jenis masakan tersebut hanya bisa dinikmati di negara asalnya. Namun, berkat kemajuan teknologi, manusia tidak lagi hanya beraktivitas di satu tempat. Seringkali mereka harus melakukan aktivitas di luar daerah asalnya sehingga timbullah interaksi antar daerah bahkan antar negara.

Demikian juga dengan masakan khas dari suatu negara. Para pelaku perjalanan seringkali membawa masakan asal daerahnya ke tempatnya yang baru. Sehingga saat ini kita bisa menikmati berbagai jenis masakan yang berasal dari negara lain di lingkungan sekitar kita.

Makanan khas internasional adalah makanan yang biasa di konsumsi di suatu negara. Makanan yang dibuat biasanya mencerminkan karakter masyarakatnya.

Banyaknya turis-turis yang datang dari manca negara ke Indonesia. Bagi yang suka memasak hal ini menciptakan peluang yang sangat besar untuk membuat usaha makanan internasional.

Banyak jenis makanan internasional yang dapat kita jadikan peluang usaha. Indonesia kaya akan berbagai jenis bahan pangan, baik nabati maupun hewani.

Hal itu dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis makanan internasional baik yang asli maupun yang sudah dimodifikasi supaya sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia atau menjadi jenis masakan baru yang membuat penasaran bagi turis asal negara lain.

Beberapa topik pembahasan pada Rangkuman Perencanaan Usaha Makanan Internasional diantaranya meliputi (baca selengkapnya) :

1. Ide dan Peluang Usaha Makanan Internasional

2. Sumber Daya yang Dibutuhkan Dalam Usaha Makanan Internasional

3. Perencanaan Pemasaran Usaha Makanan Internasional

4. Contoh Penyusunan Proposal Makanan Internasional

Di era globalisasi ini, masyarakat pada umumnya mempunyai pola hidup yang sibuk sehingga tidak mempunyai banyak waktu untuk menyiapkan makanan. Hal ini mengarah pada meningkatnya permintaan untuk makanan baik yang hampir siap maupun yang siap makan.

Perencanaan Pemasaran Usaha Makanan Internasional

Selain itu, rasa keingintahuan yang meningkat terhadap citarasa baru menawarkan peluang untuk masakan daerah dengan citarasa internasional. Konsumen di beberapa negara semakin lebih terbuka terhadap masakan internasional. Rasa yang dipadukan dengan masakan daerah semakin populer.

Hal ini membuka peluang yang sangat besar untuk berwirausaha makanan internasional. Langkah awal sebelum memulai sebuah usaha makanan internasional adalah menentukan segmentasi pasar.

Seorang wirausahawan makanan internasional harus pandai-pandai menciptakan inovasi menu makanan dan minuman yang sesuai dengan segmen konsumen yang akan dibidik. Bila kurang jeli dengan minat pasar yang ada, bisa dipastikan produk kuliner yang dijajakan tidak akan berhasil diterima konsumen.

Perencanaan Pemasaran Usaha Makanan Internasional

Ada dua faktor utama yang bisa dimanfaatkan untuk menentukan segmentasi pasar dalam merencanakan pemasaran makanan internasional yaitu :

1. Menentukan Lokasi Usaha

Segmentasi pasar bisa dibedakan berdasarkan lokasi usaha tersebut berada. Oleh sebab itu, perhatikan kebutuhan dan minat konsumen di sekitar lokasi usaha agar produk yang ditawarkan sesuai dengan permintaan para konsumen.

Sebagai contoh, macam menu yang ditawarkan di kantin sekolah tentu tidak akan sama dengan menu makanan yang berlokasi di daerah perkantoran.


2. Menentukan Harga Jual

Harga jual produk juga menjadi salah satu faktor utama dalam membedakan segmentasi pasar. Sebagai contoh, harga makanan di lokasi pelajar tentu lebih murah dari harga yang ditawarkan untuk karyawan.

Para pelaku usaha biasanya membagi target pasar menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok konsumen bawah, konsumen menengah, dan konsumen segmen atas.

Strategi pemasaran untuk setiap target pasar tentu saja berbeda. Konsumen kalangan bawah dapat ditawarkan menu makanan pokok dengan harga jual yang terjangkau. Sedangkan untuk konsumen menengah, bisa memadukan antara makanan dan minuman internasional dengan harga jual yang tidak terlalu mahal.

Dan untuk kalangan segmen atas, yang terpenting adalah pelayanan prima dan kelezatan cita rasa kuliner yang disajikan. Segmen atas biasanya tidak memikirkan uang yang mereka keluarkan namun yang terpenting adalah kepuasan yang bisa mereka dapatkan.

Dengan menentukan segmentasi pasar sebelum memulai usaha, maka secara tidak langsung telah memilih fokus usaha yang ingin dioptimalkan untuk meningkatkan daya saing dan strategi pemasaran yang paling efektif untuk memulai usaha makanan internasional.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai Perencanaan Pemasaran Usaha Makanan Internasional. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Contoh Usaha Makanan Ringan dan Contoh Usaha Makanan Unik.


Baca Selengkapnya ....

BELAJAR KREATIVE WIRAUSAHA BUDIDAYA PEMBENIHAN IKAN HIAS

Posted by nurhayati021089 Kamis, 10 Maret 2022 0 komentar

 


Bab 3 Wirausaha Budidaya Pembenihan Ikan Hias 


 

Gambar .Cupang Hias


A Perencanaan Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi  

Beberapa jenis ikan hias sudah dapat dibudidayakan di Indonesia, diantaranya: arwana (Scleropages sp.), koi (Cyprinus carpio), cupang (Betta sp.), dan mas koki (Carrasius auratus). Sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat usaha pembenihan Ikan Hias tidak jauh berbeda dengan usaha pembenihan ikan pada umumnya, yaitu dari aspek manusia (tenaga kerja), uang berupa modal usaha, material / bahan (seperti pakan, induk ikan, dll), machine / peralatan berupa media hidup ikan, sistem kerja, dan pemasaran. Perencanaan usaha pembenihan ikan hias pada umumnya sama dengan perencanaan usaha yang lainnya. Untuk membuat usaha yang utama yaitu harus memiliki nama perusahaan (badan usaha), lokasi, komoditas yang akan dipasarkan, konsumen (pangsa pasar), partner kerja, personil, dan modal usaha. Pada 2013 produksi ikan hias mencapai 1.040 juta ekor atau meningkat dari 2012 sebesar 938 juta ekor.Di tahun 2015an, prospek ikan hias tetap cerah.

B Penerapan Sistem Pembenihan Ikan Hias berdasarkan Daya Dukung Daerah  

Aneka Produk Ikan Hias

Gambar .Arwana (Scleropages sp.)

Sumber: Dokumen Kemendikbud

Gambar .Ikan Koi (Cyprinus carpio)

Sumber: Dokumen Kemendikbud



Gambar .Ikan mas koki

Sumber: Dokumen Kemendikbud


Gambar .Ikan cupang (Betta sp.)

Sumber: Dokumen Kemendikbud

Salah satu manfaat memelihara ikan hias yang dirasakan setelah menjalani rutinitas kerja yang menguras tenaga serta fikiran yaitu mengurangi stres dan keletihan 

Perencanaan produksi yang dilakukan dalam usaha pembenihan ikan hias diantaranya :

a) Penetapan jenis ikan hias yang dibudidayakan

b) Penetapan modal usaha

c) Penetapan sarana dan prasarana

d) Penentuan alat dan bahan yang digunakan

e) Penentuan schedule / jadwal produksi (pemijahan)

f) Penentuan schedule / jadwal pemanenang)

Penetuan rencana sistem pemasaran

Dalam usaha budidaya ikan hias, mesin atau alat sangat diperlukan. Beberapa mesin atau alat yang digunakan untuk keberhasilan usaha pembenihan ikan hias diantaranya akuarium pemeliharaan sebagai tempat hidup, selang dan aerator sebagai sumber oksigen, seser sebagai penyortiran benih, dan banyak alat-alat lain yang digunakan sebagai alat penunjang keberhasilan pembenihan ikan hias.


Gambar .Diagram alir proses pembenihan ikan dan bahan-bahan yang dibutuhkan

Menurut Effendi (2004), kegiatan pembenihan meliputi persiapan sarana dan prasarana, pemeliharaan induk, pemijahan induk, penetasan telur, pemeliharaan larva dan benih. 

Pengendalian kualitas dapat dilakukan melalui 3 (tiga) tahap, yaitu : a). Menentukan standar kualitas produk.

b). Mengadakan tindakan koreksi.

c). Merencanakan perbaikan secara terus menerus untuk menilai standar yang telah ditetapkan.

C Menghitung Titik Impas (Break Event Point) Usaha Pembenihan Ikan Hias  


BEP (Break  Event Point) 

Jika biaya produksi yang dikeluarkan untuk budidaya pembenihan ikan cupang sebesar Rp. 450.000 dan total produksi sebanyak 1.000 ekor, dengan harga jual benih ikan cupang Rp. 1.000/ekor maka:

D Promosi Produk Hasil Usaha Pembenihan Ikan Hias  

Berikut beberapa cara promosi yang murah tapi tepat sasaran 

a. Mulut ke mulut atau testimonial 

b. Promosi melalui jejaring sosial 

c. Loyalty programs 

d. Up-selling 

e. Mengadakan suatu pameran 

f. Blog dan video 

g. Stiker promosi di tempat-tempat menunggu



Baca Selengkapnya ....

materi bab 2 kewirausahaan

Posted by nurhayati021089 Rabu, 09 Februari 2022 0 komentar

Baca Selengkapnya ....

SOAL ULANGAN BAB 1 PRAKARYA KELAS XI

Posted by nurhayati021089 0 komentar

Baca Selengkapnya ....

MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN KREATIF

Posted by nurhayati021089 Rabu, 02 Februari 2022 0 komentar
TIPS MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN KREATIF

 



Selamat Berjumpa Kembali Belajar Bersama kita

Tips Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif

Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dalam Kelas
“Guru itu harus kreatif!” Seringkali kita mendengar pernyataan tersebut. Lalu, pertanyaan muncul mengapa sebagai praktisi pendidikan kita harus kreatif? Dalam tulisan ini setidaknya ada dua alasan mengapa guru dituntut harus kreatif. Pertama, lahirnya generasi ‘alpha’. Generasi alpha sebagai pembelajar di abad ke 21 sejak lahir telah mengenal internet, mereka terpapar dengan teknologi dalam kesehariannya menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi. Dengan menyediakan pembelajaran yang menarik dengan teknologi yang berkembang sangat memungkinkan peserta didik untuk termotivasi dalam belajar. Kedua,  guru harus kreatif karena kita tidak bisa memprediksi perkembangan teknologi di masa depan. Perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti ditemukannya platform video conference yang memungkinkan penyampaian materi pada siswa tanpa perlu tatap muka secara langsung. Temuan teknologi yang hebat lainnya tentu ditemukan oleh orang yang kreatif. Dengan dibekali nya guru menjadi sosok yang kreatif, tentu dapat mendukung dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan interaktif dalam kelas.
Pembelajaran merupakan suatu proses komunikasi dan interaksi antara peserta didik dengan guru dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik dalam memahami materi lebih dalam, proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, keterampilan, serta pembentukan sikap dan kepercayaan diri pada peserta didik.
Selama ini banyak kita temui proses pembelajaran di kelas identik dengan guru sebagai pemateri atau pembicara dan peserta didik sebagai pendengar. Alhasil, kegiatan pembelajaran terasa monoton dan membosankan bagi siswa. Padahal, pemilihan metode pembelajaran yang tepat juga mendukung keberhasilan penyampaian materi oleh guru dan turut mempengaruhi output dari hasil belajar di dalam kelas.
Sebagai tenaga pendidik, guru berperan penting dalam menyajikan materi di kelas. Guru memiliki peranan penting dalam menyajikan dan merancang kegiatan pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik setiap harinya. Lantas, bagaimanakah tips merancang dan menciptakan pembelajaran yang menarik bagi siswa? Berikut ulasan lengkapnya
Melibatkan Interaksi dengan Komunikasi Dua Arah
Situasi proses pembelajaran yang paling efektif adalah situasi belajar yang melibatkan siswa langsung dalam proses pembelajaran, dimana tidak hanya guru saja yang dominan di dalam kelas ketika proses pembelajaran, namun juga melibatkan peserta didik. Keberhasilan proses pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan keterlibatan siswa secara efektif dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
Inspirasi Media Pembelajaran Melalui Microblog
Melalui microblog, Bapak/Ibu Guru dapat mengemas materi menjadi lebih ciamik dengan sentuhan visual yang dapat menarik perhatian siswa dan audiens. Microblog dapat mengemas teks yang monoton menjadi lebih menarik sehingga dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik serta merangsang motivasi belajar bagi peserta didik. Kegiatan pembelajaran juga lebih bervariatif karena tidak semata-mata komunikasi verbal (lisan) melalui penuturan guru.
Mengemas Materi Pembelajaran dalam Bentuk Video
Pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media video menjadi salah satu trend yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran daripada sekedar teks bacaan. Bapak/Ibu Guru juga dapat menambahkan latar belakang musik untuk mendukung penyampaian materi menjadi lebih hidup. Mengemas materi pembelajaran dalam bentuk video menjadi salah satu cara efektif untuk menunjang keberhasilan dalam proses belajar mengajar di kelas.
Melakukan Evaluasi Pembelajaran
Tujuan diadakannya evaluasi dalam proses pembelajaran adalah untuk memilih media pembelajaran yang akan digunakan di kelas, memastikan apakah penggunaan media pembelajaran tersebut telah tercapai, menilai kemampuan guru dalam menggunakan media untuk mendukung pembelajaran, serta melakukan perbaikan media itu sendiri. Evaluasi dapat digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk melanjutkan atau tidaknya metode pembelajaran yang saat ini telah berjalan.


Baca Selengkapnya ....

Manfaat dan Tujuan Prakarya untuk Siswa

Posted by nurhayati021089 Senin, 31 Januari 2022 0 komentar

 

Manfaat dan Tujuan Prakarya untuk Siswa

Diberlakukannya prakarya dalam kurikulum pembelajaran tentu punya tujuan dan harapan besar. Prinsip dari metode ini adalah kreativitas. Semakin bagus tingkat kreasi anak, maka semakin mudah mereka menghadapi persoalan kehidupan di masa depan. Terlebih lagi jika kemampuan tersebut didukung tekonologi yang canggih dan akurat. Hasilnya tentu bisa melahirkan generasi unggul yang inovatif.

Kemudian ketika berbicara tentang pengembangan materi, ada satu prinsip juga yang harus dijaga. Guru menjadi medium untuk melancarkan kegiatan kreatif siswa. Dalam materi prakarya, guru semestinya mampu mengolah materi agar tersampaikan dengan lebih cepat dan menyenangkan. Prosesnya sangat penting. Bahkan, prakarya adalah pembelajaran yang sebenarnya tidak melihat hasil akhir. Namun, sisi yang diutamakan adalah aktivitas berlangsungnya metode tersebut.

Siswa tidak diharapkan menghasilkan produk akhir yang bagus. Justru proses dan segala upaya yang dilakukan selama pembuatan itulah yang menjadi tolak ukur. Bagaimana siswa mengatasi problem ketika ada bahan yang tidak sesuai instruksi, bagaimana menghadapi gangguan pada alat yang digunakan, bagaimana mengetahui kandungan ataupun fungsi dari setiap komponen calon produk, dan lain sebagainya. Bahkan yang perlu diperhatikan juga adalah bagaimana sikap mereka dalam bekerja secara tepat, cepat, dan beretika.

Sia-sia jika prakarya hanya diarahkan pada produk semata. Dalam pembelajaran ini, guru harus mampu mendorong kreativitas peserta didiknya. Terdapat seni berkreasi yang diharapkan hadir selama prakarya berlangsung. Siswa bisa berkarya secara leluasa dengan menggunakan dasar materi yang diperolehnya dari guru.

Penilaian atas hasil akhir dari karya tersebut hanyalah pelengkap yang memotivasi siswa. Namun, proses di balik pembuatannya mengandung nilai yang lebih tinggi dan bermakna. Belajar secara kreatif dan ilmiah adalah metode yang cerdas agar siswa mempu menjadi manusia pembelajar yang mau memperbaiki kesalahan-kesalahannya.


Baca Selengkapnya ....
Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of PRAKARYA KEWIRAUSAHAAN KREATIF DAN INOVATIF.